Manfaat Fitur NFC Tidak Hanya untuk Transaksi Pembayaran Saja!

Bagi yang memilih smartphone keluaran terbaru ada banyak fitur yang bisa didapatkan, salah satunya adalah NFC. Fitur tersebut merupakan radio frekuensi yang mempunyai banyak sekali keunggulan dan kegunaan yang bisa didapatkan. Apalagi fitur NFC ada di smartphone yang kamu miliki, salah satu hal yang bisa digunakan dan merupakan alasan mengapa banyak orang memilih smartphone dengan fitur ini adalah bisa digunakan untuk membantu melakukan transaksi dengan cukup tap saja.

Fitur NFC
Fitur NFC
Sumber Gambar: Eraspace

Kamu mungkin sudah sering melihat mengenai perkembangan teknologi di luar negeri atau kota besar. Di mana ketika ingin melakukan pembayaran seperti naik bus atau kendaraan umum lainnya, membeli makanan di kafe, belanja di supermarket, bayar parkir, dan juga hal lainnya bisa untuk menggunakan smartphone. Pembayaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan tap karena smartphone yang dipunyai memiliki fitur NFC.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk transfer dengan jarak 10 cm. Pembayaran transaksi menggunakan fitur NFC memberikan keunggulan seperti pada pembayaran non tunai lainnya yaitu mempunyai proses yang cepat, praktis, mudah dan juga yang paling penting adalah aman. Fitur NFC dapat menjadi pilihan untuk bisa mendapatkan kemudahan melakukan transaksi cukup dengan tap. Bagi yang ingin melakukan transaksi pembayaran menggunakan manfaat fitur NFC dapat untuk mengunduhnya dengan aplikasi pembayaran terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan tap lewat aplikasi pembayaran yang juga bisa digunakan dengan support NFC, sehingga pembayaran dengan memindah lebih praktis.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi pembayaran yang diinginkan, kemudian cukup untuk melakukan pemindaian ke perangkat pembayaran seperti lewat mesin EDC yang menerima pembayaran dengan sistem NFC. Apabila sudah muncul suara bip, maka bisa melanjutkannya dengan menekan tombol bayar untuk menyelesaikan transaksi pembayaran yang mudah dan lebih praktis menggunakan NFC. Selain untuk pembayaran, manfaat selanjutnya yang bisa diberikan dari fitur NFC adalah dapat untuk:

Menggunakan Android Beam

Kegunaan pertama dari fitur NFC selain digunakan untuk transaksi pembayaran lebih mudah adalah dapat untuk berbagai data menggunakan android beam. Fitur NFC bisa digunakan untuk berbagai data antar pengguna perangkat. Akan tetapi seperti yang telah dijelaskan dia tas bahwa bagian data tersebut perlu dilakukan dengan jarak yang pendek yaitu 10 cm. Android beam dapat digunakan untuk mengirimkan file yang diinginkan dengan tidak perlu untuk menyiapkan daya yang tinggi. Android beam dapat dimanfaatkan seabgai teknologi pengiriman yang bisa digunakan untuk saling mengirimkan file yang tanpa daya dan dapat dilakukan dengan mudah.

Dapat Digunakan untuk Speaker Bluetooth

Keunggulan selanjutnya dari fitur NFC yang ada di smartphone kamu juga dapat digunakan untuk bluetooth speaker. Keunggulan dari fitur NFC adalah tidak perlu mempunyai proses yang seperti biasanya yang memakan waktu, termasuk ketika ingin menggunakan bluetooth speaker. Bagi yang ingin menyalakan bluetooth speaker dan ingin menyambungkannya dengan perangkat yang dipunyak, cukup untuk didekatkan saja smartphone yang sudah mempunyai fitur NFC pada perangkat bluetooth speaker. Dengan sekali sentuh saja bisa membuat kamu menikmati layanan untuk bisa menyalakan bluetooth speaker yang tidak perlu repot seperti langkah biasanya.

NFC Bluetooth Music Speaker
NFC Bluetooth Music Speaker
Sumber Gambar: Jakarta Notebook

Berbagi Koneksi Wifi

Keunggulan dari fitur NFC selanjutnya yang dipunyai di smartphone adalah dapat digunakan untuk bisa menghubungkannya dengan wifi lebih mudah. Sama seperti dapat menghubungkannya di smartphone dan bluetooth speaker, NFC juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi koneksi wifi. Caranya adalah sangat mudah yaitu tinggal mendekatkan kedua perangkat dan bisa untuk melakukan pemindaian. Hal ini merupakan langkah mudah untuk menyambungkan berbagi koneksi wifi yang dapat untuk lebih cepat dan praktis.

NFC WiFi
NFC WiFi
Sumber Gambar: Tenone Design

Fitur NFC bisa dimanfaatkan untuk berbagi transaksi yang didapatkan dan juga kemudahan untuk mendapatkan kemudahan dengan proses yang lebih praktis. Bagi merchant, bisa untuk mengimbangi teknologi tersebut dengan menyediakan alat pembayaran yang menerima lewat NFC. Alat mesin EDC dari BCA memberikan keunggulan yang bisa menerima layanan lebih praktis karena bisa menerima pembayaran NFC lewat smartphone. Dapatkan mesin EDC untuk menerima pembayaran masa kini yang bisa diajukan secara online lewat aplikasi Merchant BCA yang bisa diunduh dengan gratis di link ini.

NFC Payment
NFC Payment
Sumber Gambar: Kompas.com


No comments

your comment awaiting moderation